Do you interest with this site???
Please comment, share and follow this site.
(semua artikel asli bukan hasil copy paste, boleh kalau ada yang mau copy tapi tulis juga sumbernya atau link ke blog ini)

Sabtu, 02 Juli 2011

Polka Dot Stingray (Potamotrygon leopoldi), Pari Hitam Bertotol dari Sungai Xingu

Polka Dot Stingray (Potamotrygon leopoldi) adalah jenis ikan pari air tawar yang berasal dari sungai Xingu, Brazil. Polka dot stingray mempunyai nama lain seperti Black devil stingray, Yellow-spotted black amazon stingray dan Xingu river ray.
Habitat ikan ini adalah sungai berarus lambat dengan pasir pada dasarnya yang mempunyai suhu 20 – 290C dan pH 6 – 7,5. Polka dot stingray berwarna hitam pada keseluruhan tubuhnya kecuali bagian bawah tubuh yang berwarna cerah. Selain itu, ikan ini mempunyai banyak pola lingkaran berwarna putih kekuningan di bagian atas tubuhnya. Polka dot stingray banyak menghabiskan waktunya di dasar perairan dan sesekali ke permukaan air untuk mencari makanan. Perawatan ikan ini di aquarium membutuhkan tangki yang cukup besar dengan setting dasar pasir, sedangkan untuk menjaga kesehatannya perlu dilakukan filtrasi atau pergantian air sesering mungkin. 
Polka dot stingray dewasa dapat mencapai panjang tubuh 40 – 60 cm. Ikan ini bersifat karnivora dengan memakan ikan kecil, invertebrata air seperti cacing dan crustacea. Polka dot stingray bersifat aktif dengan laju metabolisme yang tinggi sehingga membutuhkan setidaknya dua kali makan sehari. Seperti umumnya ikan pari, Polka dot stingray sangat mudah dibedakan jenis kelaminnya, Jantan mempunyai sepasang alat kelamin yang disebut “claspers” pada pangkal ekornya yang digunakan untuk menginseminasi betina saat reproduksi. Polka dot stingray bereproduksi dengan cara matrotrophic viviparity. Ikan muda akan berkembang di dalam tubuh betina dan akan lahir dengan bentuk yang sempurna. Anakan ikan akan lahir dengan membawa kuning telur yang digunakan sebagai asupan nutrisi untuk selama beberapa minggu. Catatan: Ikan ini berbahaya karena mempunyai sengatan yang sangat fatal.
TAKSONOMI
Kingdom
Animalia
Phylum
Chordata
Class
Order
Rajiformes
Family
genus
Potamotrygon
Species
Potamotrygon leopoldi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Data dan gambar diambil dari berbagai sumber. Silahkan koreksi atau tambahkan informasi yang berhubungan dengan blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...